Contoh Riwayat Hidup

0 Comments | by

Surat Penulisan Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae

Sama seperti pada penulisan Surat lamaran pekerjaan, Daftar Riwayat Hidup dibuat dengan tujuan memperkenalkan siapa diri kita dan "menjual" apa yang kita miliki. Di dalam penulisannya, Riwayat Hidup perlu memperhatikan beberapa tips. Tips yang dapat digunakan dan kami anjurkan di dalam penulisan Daftar Riwayat Hidup yaitu:

Singkat, Padat dan Tidak Bertele-tele

Inti dari menulis Daftar Riwayat Hidup adalah memperkenalkan diri kita kepada perusahaan. To the point is a must. Biasanya di dalam penulisannya digunakan tabel atau kolom-kolom. Data yang perlu ditulis dalam riwayat hidup antara lain Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, telepon/HP, email, status perkawinan, kemampuan yang kita miliki, hobi, riwayat pendidikan, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja, kompetensi dan kualifikasi diri, kemampuan profesional yang dimiliki yang berhubungan dengan pekerjaan yang kita lamar, dan referensi.

Formal, Sopan dan Rapi

Ajang mencari pekerjaan adalah ajang formal. Sangat dianjurkan untuk menulis daftar riwayat hidup dengan bahasa dan format yang sopan dan formal. Penggunaan kata-kata baku perlu mendapat perhatian. Kecuali bagi kita yang bekerja di bidang desain, Daftar Riwayat Hidup berfungsi sebagai ajang adu kreativitas untuk ditunjukkan kepada perusahaan. Inilah ide pertamamu :D
Contoh Daftar Riwayat Hidup
Daftar Riwayat Hidup

Sederhana

Hindari menulis daftar riwayat hidup yang rumit. Tidak jelas ujung pangkalnya. Sulit dicerna maknanya. Baik desain, format maupuan tata bahasanya. Hal ini akan membingungkan si pembaca, sehingga efek terburuk yang mungkin terjadi adalah daftar riwayat hidup kita tidak akan dibacanya. Sudah barang tentu ini akan sangat merugikan kita. Dapat diibaratkan kita kalah sebelum bertanding.
Penggunaan tata bahasa mencerminkan kepribadian kita. Bahasa yang luwes tetapi tetap mengacu pada tatanan formal, alurnya jelas dan berurutan, akan membuat kita memperoleh poin lebih. Karena bukan tidak mungkin si pembaca akan menilai kepribadian kita dari daftar riwayat yang kita buat.

Menarik

Tidak hanya berupa hiasan yang menarik hati si pembaca, tetapi juga mendukung kualifikasi diri kita. Surat lamaran dapat dianggap menarik bila dia mampu membuat si pembaca begitu melihat ingin membacanya sampai tuntas. Cara membuat daftar riwayat hidup yang 'menarik' dapat dengan memberinya hiasan-hiasan pada tepi lembar mengetik (border), atau menggunakan permainan warna, yang kesemuanya bertujuan untuk membuat surat lamaran 'menarik'.

Demikian uraian tentang curriculum vitae yang mungkin dapat membuat persyaratan administrasi kita akan menjadi lebih berkesan di mata Tim Rekrutmen perusahaan.


Contoh daftar riwayat hidup dapat didownload di sini: Download Daftar Riwayat Hidup



Labels: ,


Add a Comment Contoh Riwayat Hidup

Newer Posts
Older Posts